APA YANG WAJIB DIPELAJARI DAN DIKETAHUI OLEH SEORANG MUSLIM DALAM URUSAN AGAMANYA?

Catatan ini saya Copas dari situs ustadz  Abu Zubair Hawaary, mengenai sesuatu yang wajib diketahui dan dipelajari oleh setiap muslim, berikut catatanya:

Tuesday, January 11th, 2011 | Author: Abu Zubair Hawaary

APA YANG WAJIB DIPELAJARI DAN DIKETAHUI OLEH SEORANG MUSLIM DALAM URUSAN AGAMANYA?

Seorang muslim wajib mengetahui seluruh urusan agamanya baik akidah maupun syari’ah. Maka dia harus mempelajari perkara-perkara akidah, apa yang wajib dalam akidah dan apa pula lawan-lawan akidah serta perkara-perkara yang menyempurnakan dan menguranginya. Sehingga akidahnya menjadi akidah yang shohihah dan salimah (selamat). Begitu juga dia wajib mempelajari hukum-hukum amaliah agamanya sehingga dia dapat menunaikan apa yang diwajibkan Allah atasnya dan meninggalkan apa yang diharamkan Allah atasnya dengan landasan bashiroh (ilmu).
Allah Ta’ala berfirman,

“Ketahuilah bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadati dengan hak melainkan Allah dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan untuk laki-laki mukmin dan perempuan mukminat”. (Muhamad ; 19)

Di ayat ini Allah mulai dengan perintah ilmu sebelum perkataan dan perbuatan (amal).
Maka ilmu dan amal adalah suatu keniscayaan. Ilmu tanpa amal tidak cukup, bahkan pelakunya hanya mendapat murka Allah. Dan amal dengan tanpa ilmu tidak sah, karena ia adalah kesesatan. Sementara Allah  Ta’ala memerintahkan kita berlindung dari jalan orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat di akhir surat Al Fatihah dalam setiap rakaat dari sholat kita. (dikutip dari : Al Muntaqo/18, Syaikh Al Fauzan, dengan beberapa penyesuaian)



sumber,http://abuzubair.net/463/
comments
0 Komentar untuk "APA YANG WAJIB DIPELAJARI DAN DIKETAHUI OLEH SEORANG MUSLIM DALAM URUSAN AGAMANYA?"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top