Waspada Fitnah Internet


Hendaknya seorang yang berakal tidak terlalu percaya diri dengan dirinya di dalam fitnah yang kemudian melepaskan diri darinya. Sepantasnya bagi kita, jika ingin memberikan postingan atau komentar agar mempertimbangkan sejauh mana akibatnya, hendaknya menjaga diri dari menyakiti orang lain dan menyebarkan perbuatan keji diantara mereka. Dan juga menjauhkan diri dari pembicaraan yang tidak berguna, mempermainkan perasaan, menyebarkan tuduhan-tuduhan dan mengadu domba diantara manusia. Jika ingin memberikan komentar atau membantah maka hendaknya dengan ilmu, keadilan, rahmat, adab dan ungkapan yang sopan.
Dan ingatlah bahwa nanti kita akan berdiri dihadapan Allah ta'ala untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita di hari ditampakanya semua rahasia.Hati-hati juga dalam mengemukakan pendapat, kadang kita belum memiliki gambaran perkara sebagaimana mestinya, kadang salah perkiraan dan menyelisihi kebenaran. orang-orang arab mengatakan "kekeliruan adalah bekal orang yang tergesa-gesa."(lihat Bahjatul Majalis wa Unsul Majalis: 1/55). (lihat Majalah Al Furqon edisi terbaru mei 2011 hlm.38))
comments
0 Komentar untuk "Waspada Fitnah Internet"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top