8 Kiat Sukses Tahsin Tilawah


Berikut adalah Kiat-Kiat Sukses Tahsin Tilawah :

1. Niat yang Ikhlas
Tentu saja niat menjadi modal dasar buat kita dalam belajar tahsin, tujuan kita harus lurus, yaitu semata-mata untuk mengharafkan keridhoan Allah subhanahu wa ta'ala.

2. Yakin
Siapapun, dari suku dan bangsa manapun mempunya peluang untuk memiliki bacaan Al Qur'an yang tartil, maka yakinlah dengan sungguh-sungguh insya Allah, Allah akan mudahkan kita dalam belajar tahsin tilawah

3. Talaqqi dan Musyafaah
Maksudnya adalah kita belajar langsung secara face to face kepada seorang ustadz yang memahami ilmu tajwid, sehingga kita bisa memperbaiki bacaan kita dengan baik.

4. Disiplin dalm Membacanya Setiap hari
Rutinkanlah membaca Al Qur'an setiap hari, karena hal ini akan mempermudah kita untuk melancarkan bacaan Al Qur'an kita.

5. Membiasakan denga satu Jenis Tulisan dari Mushaf
Membiasakan dengan jenis tulisan Al Qur'an yang yang memenuhi standar kaidah Rasm Utsmani akan memudahkan kita dan menjadikan tempo/ritme bacaan semakin baik.

6. Menambah Target Bacaan Setiap Periodik

7. Banyak Mendengar Bacaan Murotal
Dengan sering mendengarkan bacaan murotal, kita akan semakin cinta kepad Al Qur'an dan kita akan termotivasi untuk mencontoh bacaan seperti yang didengar (dengan tidak memaksakan diri untuk menyamakan, sebatas kemampuan kita saja).

8. Mumbuka Diri untuk Menerima Nasihat
Dengan membuka diri kita akan mengetahui kelemahan dan kekurangan kita. Sehingga kita bersemangat untuk memperbaiki kembali bacaan kita yang kurang sempurna.

Ryn

Diringkas dari  Buku Panduan Tahsin Tilawah Al Quran dan Ilmu Tajwid karya H. Ahmad Annuri. MA
Tag : Tahsin
comments
0 Komentar untuk "8 Kiat Sukses Tahsin Tilawah"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top