Melakukan Hubungan Sex dengan Kondom, Apakah Wajib Mandi Junub?

Artikel ini kami ambil dari situs konsultasisyariah.com tetang Melakukan Hubungan Sex dengan Kondom, Apakah Wajib Mandi Junub?. Dan hubungan sex yang dimaksud adalah hubungan halal antara suami dan istri bukan hubungan yang diharamkan. Berikut kutipannya :
Pertanyaan:
Jika ada orang yang ber-jima’ dengan menggunakan kondom, apakah dia wajib mandi?

Jawaban:
Jika keluar mani maka wajib mandi, karena keluarnya mani. Berdasarkan sabda Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kewajiban mandi itu karena keluarnya air (mani).” (HR. Muslim).
Namun jika tidak sampai keluar mani, maka ada tiga pendapat ulama:
Pertama, suami maupun istri wajib mandi tanpa kecuali. Baik kondomnya itu tebal maupun tipis. Ini adalah madzhab Imam asy-Syafi’i.

Kedua,
 tidak wajib mandi secara mutlak. Ini adalah madzhab hambali. Karena dalam kondisi ini tidak terjadi pertemua antara dua kemaluan.
Ketiga, jika lapisan kondomnya tipis, di mana suami mendapatkan kehangatan dan kenikmatan, maka wajib mandi. Tapi jika kondomnya tebal, sehingga suami tidak merasakan gesekan dengan kemaluan istri, maka tidak wajib mandi. Ini adalah madzhab Malikiyah. Tentang pendapat ketiga ini, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin mengatakan, “Pendapat ini lebih mendekati. Dan yang lebih hati-hati adalah tetap mandi.” (Asy-Syarhul Mumti’, 1/234).
(Fatwa al-Islam: Tanya-Jawab, no. 37031)
Diterjemahkan oleh Ustadz Ammi Nur Baits
Artikel www.KonsultasiSyariah.com dengan pengubahan tata bahasa seperlunya.
comments
0 Komentar untuk "Melakukan Hubungan Sex dengan Kondom, Apakah Wajib Mandi Junub?"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top