Cara Mudah Belajar Membaca Al Qur'an Dari Dasar

Bagi seorang muslim sangat diwajibkan untuk bisa membaca Al Qur'an, karena ini adalah kitab suci kita yang harus kita muliakan, didalamnya terdapat kisah-kisah terdahulu yang penuh hikmah, terdapat juga perintah-perintah dari Allah Subhanahu Wa ta'ala dan juga ada ancaman untuk orang-orang yang durhaka melanggar larangan Allah dan tidak mematuhi perintahnya.

Tapi sayangnya masih banyak seorang muslim yang masih belum bisa membaca Al Qur'an ini, padahal dengan membacanya saja kita sudah mendapatkan pahala yang berlipat ganda termasuk ketika kita sedang belajar saja Allah akan memberikan ganjaran kebaikan kepada kita.

Belajar membaca Al Qur'an bukanlah sesuatu yang sulit bila kita memiliki tekad yang kuat, kedisiplinan, keistiqomahan serta kesabaran. Ia itu adalah modal kita dalam belajar membaca Al Qur'an Dari dasar. Bila kita sudah belajar dari kecil mungkin untuk melanjutkannya bukan hal yang berat ketika kita sudah dewasa, tinggal bagaimana kemauan kita saja untuk belajarnya, apakah kita mau ataukah tidak. Namun yang sedikit perlu kesabaran adalah ketika kita tadak pernah sama sekali belajar membaca Al Qur'an ketika kecil.

Baiklah, bagi Anda yang ingin belajar membaca Al Qur'an Dari dasar ketika dewasa, sebenarnya metodenya sama saja ketika kita anak-anak belajar juga. Hal yang paling utama adalah kita perlu pembimbing, pembimbing yang dimaksud adalah tidak harus seorang ustadz (walaupun ustadz adalah yang lebih utama), kita bisa minta tolong orang-orang sekitar kita seperti saudara, tetangga atau bahkan teman kita untuk mengajarkan dan membimbing kita belajar membaca Al Qur'an. 

Metode di awal kita bisa menggunakan metode yang sudah familiar dikalangan umat Islam dan sudah teruji insyaAllah, yaitu metode Iqro, kita bisa menggunakan buku panduan Iqro dan mempelajarinya dari jilid 1 sampai dengan jilid 6. Disini kita perlu kesabaran, bila belum lancar di bagian yang sedang kita pelajari, jangan kita lanjut ke lembar berikutnya sampai kita benar-benar lancar dan paham dilembar tersebut. Begitu seterusnya, insgat target kita bukan hanya menyelesaikan atau mengkhatamkan Iqro saja tapi target kita adalah bisa dan lancar dalam pelajaran Iqro, ingat bukan khatam tapi bisa. Ini salah satu ustadz yang mahir bahkan hafal Al Qur'a sejak kecil  (Video) Usia 13 Tahun Hafal Qur'an, 17 Tahun Menguasai 3 Qiro'ah

Bila kita sudah khatam Iqro, maka kita bisa sedikit-sedikit belajar membaca Al Qur'an secara langsung. Mulailah dari membaca surat-surat pendek juz 30, hal ini bukanlah suatu keharusan tapi bisa kita coba dahulu sebagai bentuk latihan dan kelancaran. Jika dirasa kita sudah lancar dan Tartil kita bisa mulai membaca Al Qur'an secara berurutan dari Al Fatihah, Al Baqarah dan seterusnya.
Ayo dipraktekkan, mudah-mudahan kita semua bisa membaca Al Qur'an dengan baik dan lancar.
Untuk lebih mantap lagi dalam membaca Al Quran dan mengetahui hukum-hukum bacaan Al Qur'an maka kita belajar Tajwid dan Tahsin, bisa belajar kepada orang sudah mahir atau ke lembaga yang menyediakan dan membuka kelas Tajwid dan Tahsin. Apa itu tahsin? SIlahkan baca disini : Belajar Tahsin di LTQ LPM Muh. Natsir Dewan Dakwah Bekasi

Untuk lebih mendalam tentang apa itu ilmu Tajwid dan tahsin, insyaAllah akan saya bahas ditulis selanjutnya, insyaAllah.

Silahkan bila ada pertanyaan ditulis di kolom komentar.
comments
0 Komentar untuk "Cara Mudah Belajar Membaca Al Qur'an Dari Dasar"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top