Memaksimalkan Fungsi Blog untuk Pemasaran Produk



Malam Ini saya kedatangan  seorang tamu yaitu sepupuh sekaligus sahabat lama saya. Adit namanya otong panggilannya (nama bagus-bagus dipanggil otong yah..hee) iya itulah panggilan orang betawi untuk anak laki-laki yang masih kecil dipanggilnya tong-tong –tong.
Kali ini dia ga datang sendiri, dia datang ditemani satu buah motor , seperangkat alat laptop dan sebungkus cakwe, yaah tetep aja dia sendiri ya. Kedatangannya sendiri bukan tanpa alasan. Dia sudah beristri namun saat ini istrinya tinggal di Cirebon bersama orang tuannya untuk mengurus bayinya yang masih kecil.
Kedatangannya adalah untuk melanjutkan pembicaraan dan pelajaran tentang Blog yang telah kita diskusikan sebelumnya. Saat ini dia sedang membuat dan mengembangkan blog karena salah satu tuntutan pekerjaan saat ini yang berkaitan dengan dunia pemasaran atau marketing.
Beberapa materi pelajaran yang ia tanyakan sebagian besar tentang tampilan blog, membuat logo blog, membuat banner promosi di blog dan cara mengaktifkan atau mengedit link menu navigasi, baik, kita bahas satu persatu.
  •    Membuat Logo Blog

Ini salah satu bagian terpenting dalam sebuah blog yaitu logo. Logo menjadi sebuah gambaran identitas blog yang mewakili keseluruhan isi blog, pembahasan tentang logo telah dibasah panjang lebar oleh Desainer-desainer grafis logo, maka kita harus sedikit banyak tahu tentang ilmu desain grafis juga ketika kita ingin membuatnya. Atau bila kita memiliki uang lebih bisa membeli atau meminta dibuatkan logo oleh desainer grafis dan harganya pun lumayan mahal. Jadi saran saya kalau untuk pemula lebih baik buat sendiri saja dan seadanya. Banyak juga blog-blog yang tidak memiliki logo, ia hanya menuliskan judul blog saja di blognya.
Pada kesempatan kali ini juga kita berdua membuat logo blog dengan menggunakan aplikasi/software CorelDraw X7. Untuk pebuatan logo memang sangat disarankan untuk memakai aplikasi pengolah gambar yang berbasis vector seperti coreldraw, Adobe Illustrator dll, tidak disarankan membuat blog dengan aplikasi berbasis bitmap seperti Adobe Photoshop, Adobe Ligththrom dll.
Saya juga sedikit menjelaskan cara membuat logo yang baik, menentukan ukuran logo yang pas untuk blog, membuat logo agar transparan dan cara export hasil logo di corel . 
Baca juga yang ini :  Membuat Logo Blog yang Mengesankan
  • Membuat banner Promosi di Blog dengan Baik

Beberapa orang mengalami kesulitan dalam masalah ini termasuk saudara saya, ia membuat banner blog dengan coreldraw tapi hasilnya kurang bagus dan pecah. Ada beberapa factor yang mengakibatkan gambar yang kita export dari coreldraw diantaranya :

  • ·         Resolusi / ukuran gambar terlalu kecil
  • ·         Kesalahan pada saat export hasil coreldram menjadi format gambar
  • ·         Kesalahan saat mengupload gambar ke Internet dan mengambil alamat gambar. Setelah kita praktekan bersama dan memperbaiki beberapa kesalahan diatas maka jadilah gambar promo blog yang lumayan bagus dan tidak pecah.
  • Mengaktifkan link Menu Navigasi di Blog


Baca Juga : Cara Mudah Mengedit Menu Blog dengan Edit HTML

Sebenarnya ini adalah masalah basic yang harus diketahui oleh seorang blogger walapukun kita hanya membuka menu Template Edit HTML tapi sebenarnya ilmu yang kita praktekan bukan 100% ilmu coding. Kita hanya memaksimalkan menu Copy, Find & Paste (Ilmu CFP). Kalau kita sudah paham ilmu CFP ini, maka insyaAllah kita bisa membedah apapun yang berkaitan dengan template dan tampilan blog. Untuk menu navigasi cara mengedit link nya sebgai berikut :


  • ·   Copy link yang akan dijadikan tujuan menu navigasi (biasanya menu label, atau laman khusus)
  • ·  Buka menu Template dan edit HTML dan Find kata yang ada di menu navigasi yang akan kita rubah (CTRL+F)
  • ·  Jika sudah ketemu ganti Url bawaan template (biasanya symbol #)  dengan url link yang telah kita copy tadi.

Setelah kita mengedit beberapa tampilan blog, dia bercerita bahwa penjulan produk melalui blog/web/market place sangat efektif pada saat ini.  Bahkan perusahaan induk tempat ia bekerja saat ini juga menggunakan website untuk melakukan promosi dan transaksi. Jadi saingan dia dalam bermain blog bukan hanya sesama marketing lainnya saja, tapi perusahaan tempat ia sendiri menjadi dalam optimasi blog. Mantaap… Semoga mangagumkan, hee^^
Tag : blogger
comments
0 Komentar untuk "Memaksimalkan Fungsi Blog untuk Pemasaran Produk"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top