Membuat Toko Online dengan Blog

Membuat Toko Online dengan Blog

Pada kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi tentang cara membuat toko online pakai blog. Kenapa pakai Blog? karena bisa kita buat secara gratis sehingga hal ini bisa menekan budget kita untuk membuat toko online.


Pembuatan blog bisa kita lakukan dengan menggunakan Blogger, Wordpress ataupun yang lainnya. Namun kali ini saya akan membahas cara membuatnya menggunakan Blogger. Karena saya sudah sangat familiar dengan platform ini, dibanding wordpress dan yang lainnya. Banyak yang mengatakan , untuk membuat toko online lebih baik menggunakan platform yang berbasis CMS seperti wordpress dan joomla, tapi entahlah kenapa saya masih setia menggunakan blogger milik google ini. Hee



Salah satu toko online yang saya buat dari blogger adalah tokosausan.com , web toko online usaha milik keluarga kecil saya yang menjual berbagai produk-produk syar'i, seperti gamis, jilbab dan yang lainnya. Blog tersebut sudah saya modifikasi sedemikian rupa agar menjadi toko online yang profesional.

3 kunci utama yang saya pakai dalam membuat toko online dari blogger. ke 3 kunci inilah yang saya maksimalkan sedemikian mungkin agar toko online tersebut bisa menjadi toko online yang baik.

  • Memilih Nama Domain yang Unik dan Relevan
Fungsi dari domain yang unik adalah agar web toko online kita bisa berbeda dengan toko online yang serupa lainnya dan juga agar  mudah diingat oleh prngunjung toko online kita. Karena biasanya saata pembeli merasa puas, ia akan mengunjungi kembai toko online kita. Dan ini alasan kenapa kita harus membuat nama domain yang mudah diingat.
  • Memakai Template Toko Online
saya menggunakan template yang memang benar-benar disiapkan untuk toko online, di google banyak tersedia template toko online yang bisa kita dapatkan secara gratis, namun bila kita menginginkan template yang lebih bagus dan profesional lebih baik menggunakan template premiun/berbayar. Memilih template jenis toko online bisa memudahkan kita mengatur tampilan dan bisa memanfaatkan menu-menu bawaan yang disediakan pembuat template tersebut. Dengan tampilan yang pas bisa menarik pengunjung untuk membeli di toko online milik kita. Tidak disarankan untuk memakai template yang berjenis berita/News karena kita akan mengalami kesulitan dalam mengedit template, karena banyak sekali menu-menu dan widget yang perlu kita perbaiki dan sebagainya.
  • Optimasi SEO di Toko Online
Bab ini wajib dipelajari oleh setiap blogger yang ingin sukses dalam dunia blog termasuk dalam membangun toko online. Hampir semua orang yang sukses mengurus blog, sebelumnya mempelajari SEO terlebih dahulu. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yaitu  serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. (google) atau ringkasnya tentang optimasi blog/web/artikel agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti google, yahoo dll.

Demikian sedikit tips membuat toko online dengan blog. Pada dasarnya jika kita ingin membuat toko online dari blog adalah dengan memulainya. Percuma kita baca puluhan artikel yang kita cari dan dapatkan kesana-kemari namun kita tidak memuainya untuk membuat blog maupun toko online. Setelah memulai dan kita buat blog atau toko online maka kita akan mengalami trial & eror dari sanalah kita dapat memahami dan belajar tentang ilmu membuat blog dan toko online.

Semoga dipraktekan!!!!

Tag : blogger
comments
0 Komentar untuk "Membuat Toko Online dengan Blog"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top