Info Lengkap Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango : Cibodas, Gn. Putri & Salabintana

Info Lengkap Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango  : Cibodas, Gn. Putri & Salabintana



Bagi anda yang ingin melakukan pendakian/hiking ke Gunung Gede Pangrango yang berada di Bogor Jawa Barat, bisa melakukan perjalan pendakian resmi melalui 3 jalur pendakian. Hanya ke 3 jalur inilah jalur yang diakui resmi oleh pihak pengelola TNGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). 


Puncak Gunug Gede




Apabila anda masuk melalui jalur liar yang lain, maka ini sangat beresiko bagi keselamatan perjalanan anda dan dipastikan anda merupakan pendaki ilegal karena tidak melakukan booking registrasi dan tidak melewati pos pemeriksaan yang ada di 3 jalur itu.

Baca Juga : Peralatan dan Perlengkapan yang Wajib Dibawa Pendaki Gunung




Adapun ke tiga jalur pendakian Gunung Gede Pangrango adalah :




1. Jalur Cibodas

Ini adalah jalur yang banyak dilewati para pendaki, karena mungkin jalurnya lebih santai tidak begitu menukik dan banyak tempat-tempat rekreasi yang dapat kita singgahi di jalur pendakian ini, seperti Air Terjun, Danau, Air Panas dll. 



Di Cibodas juga terdapat pos utama untuk menukar draft pendaftaran yang kita dapatkan melalui online untuk ditukarkan secara langsung dengan "Simaksi" sehingga ketika ada hal yang salah berkaitan dengan administrasi pendaki bisa langsung diurus di pintu Cibodas. 




Nah ini juga informasi buat teman-teman yang mungkin baru pertama kali naik ke gunung gede pangrango, sebelum mendaki hendaknya kita booking online terlebih dahulu, kemudian kita akan mendapatkan draft pendaftaran setelah melakukan pembayaran secara transfer. Draft ini wajib kita tukarkan di Cibodas dengan SIMAKSI (surat ijin masuk kawasan observasi)  yang hanya bisa dilakukan di gerbang pintu Cibodas, tidak bisa dilakukan di pintu jalur yang lainnya.




Adapun tempat peristirahatan yang ada di jalur Cibodas adalah bisa dilakukan di Kandang Batu atau di Kandang Badak, disana terdapat sumber air dan lahan yang lumayan luas untuk kita membuat tenda nge-camp.




2. Jalur Gunung Putri

Untuk menuju jalur gunung putri, kita harus masuk ke daerah pendakian jalur gunung putri lewat pasar Cipanas tepatnya masuk melalui jalan yang ada disamping Istana Bogor, transportasi kesana kita bisa menggunakan angkot ataupun ojek. 



Jalur gunung putri merupakan jalur pendakian tercepat, hanya berjarak 6 KM untuk mencapai puncak. Berbeda dengan jalur Cibodas Yanng berjarak 14 KM dari pintu Cibodas. Namun trek jalur Gunung Putri lumayan terjal cukup sulit dan melelahkan untuk pemula karena kemiringannya yang begitu tajam.


Pos Gunung Putri



Melalui jalur gunung putri kita bisa melewati dan beristirahat di Padang Bunga Edelweiss Alun-Alun Surya Kencana, disana terdapat mata air dan rata-rata pendaki yang melalui jalur Gunung Putri membuka tenda untuk nge-camp di Alun-alun Surya kencana ini.




Pemandangan di alun-alun Surya kencana begitu indah, karena kita berada di tengah lembah yang dikelilingi gunung-gunung besar dihiasi bunga-bunga Edelweis yang menyebar disekeliling kita.


alun-alun surya kencana



Setelah kita beristirahat di Alun-alun Surya kencana kita bisa langsung melanjutkan perjalan ke puncak Gunung Gede, jaraknya pun tidak begitu jauh, hanya memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.




3. Jalur Salabintana

Saya tidak begitu mengetahui informasi jalur pendakian melalui Salabintana. Hanya yang saya tahu jalur ini adalah jalur terlama dan terjauh, jadi sangat jarang pendaki melalui jalur ini dan sayapun belum pernah melakukan pendakian melalui jalur ini.





PERHATIKAN INI SEBELUM MELAKUKAN PENDAKIAN KE GUNUNG GEDE PANGRANGO




1. Booking Registrasi Online

Sebelum anda melakukan pendakian ke gunung gede pangrango, maka anda wajib melakukan booking registrasi secara online untuk melihat quota pendaki dan melakukan pembayaran pendaftaran melalui transfer, kita tidak bisa langsung kesana tanpa booking online terlebih dahulu. Bila kita masih nekat langsung kesana tanpa booking online, maka kita siap untuk pulang kembali karena tidak diijinkan untuk mendaki.



2. Menukar draft pendaftaran dengan SIMAKSI Di Cibodas

Kalau anda masuk melalui jalur Cibodas mungkin tidak masalah, tapi kalau anda masuk jalur lain, maka anda harus tetap menukar draft pendaftaran di Cibodas dengan SIMAKSI.



3. Kelompok pendaki minimal 3 Orang, Maksimal 10 Orang




4. Membawa Surat Keterangan Sehat Dari Dokter




5. Membawa fotocopy KTP




6. Tidak membuang sampah sembarangan di Are Gunung Gede Pangrango (Gunung bukan tempat sampah)




7. Tidak mencorat-coret di area Gunung Gede Pangrango (Vandalisme)




8. Berprilaku dan berkata2 Sopan selama perjalanan




9. Membawa peralatan dan perlengkapan standar pendakian.




10. Ikuti aturan dari pengelola TNGP




Berikut video perjalanan saya ke Puncak Gunung Gede pada 30 Desember 2016



Tag : pendaki
comments
2 Komentar untuk "Info Lengkap Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango : Cibodas, Gn. Putri & Salabintana"

Ijin share om, bagi bagi pengalaman aje
http://kopac-adventure.com

paling mainstream lewat cibodas, banyak juga destinasi wisata lain yang bisa didatangi selama perjalanan. tapi kalo mau otomatis lewatin Surken bisa pakai jalur putri. hehe kangen banget naik ke gede

btw ane juga buat artikel tentang pendakian gunung gede pangrango, mampir ya gan jangan lupa dikoreksi jika ada kesalahan dalam info

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top