3 Hal Penting Sebelum Nge-Blog yang Perlu Anda Ketahui


1. Urgensi
Apa yang menjadi faktor pendorong anda untuk menjadi seorang blogger? Apakah karena dorongan untuk menambah penghasilan dan berharap bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari blog atau hanya sekedar mengembangkan hobi menulis anda sehingga dengan menjadi blogger tulisan-tulisan anda diharapkan bisa dibaca semua orang yang memiliki akses internet atau mungkin ada alasan lainnya. Coba tanyakan pada diri anda sendiri, karena jawaban atas pertanyaan diatas hanya anda yang mengetahuinya. Mengetahui urgensi untuk menjadi seorang blogger bisa menentukan titik finish atau target anda dalam Nge-Blog sehingga bisa dijadikan motivasi dan kekuatan semangat dalam membangun sebuah blog yang akan dibuat. Jangan sekedar mengikuti trend saja,(Baca juga : Membupat Toko Online dengan Blog) karena kegiatan Nge-Blog adalah kegiatan yang melelahkan, menghabiskan banyak waktu dan membutuhkan modal yang tidak sedikit anda akan mudah tumbang dan berhenti dipertengahan jalan ketika anda tidak punya target yang ingin dicapai dalam dunia Nge-Blog ini

2. Butuh banyak Waktu Luang
Aktifitas Blogging tidak cocok bagi anda yang tidak bisa menyisihkan waktu luang dalam hidup alias super sibuk. Karena kegiatan menulis di blog membutuhkan waktu dan ketenangan  untuk mengembangkan sebuah ide-ide menulis yang tidak sedikit. Pikirkan kembali keputusan anda menjadi seorang blogger bila dirasa kesibukan anda akan menghalangi kegiatan Blogging ini. Karena saya menemui beberapa teman yang belajar membangun sebuah blog tapi suka mengeluh dengan alasan tidak ada waktu untuk mengurus blog. Jawabnya taktis saja, bila memang tidak ada waktu untuk belajar Nge-Blog yah tidak usah belajar Blogging, karena blog tidak akan pernah terbangun kalau tak ada yang mengurusnya untuk membuatkan konten, konten tak akan pernah muncul sendirinya bila tidak ada yang membuatnya dan konten tidak akan pernah terbuat bila tidak ada waktu untuk membuatnya.

3. Siapkah Modal dan Peralatan Blogging Kita
Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, selain waktu kegiatan Blogging juga membutuhkan modal dan peralatan. Modal yang saya maksud adalah yang berkaitan dengan hal-hal yang mendukung kegiatan Blogging seperti tersedianya akses intenet misalnya dan peralatan-peralatan juga mestinya sudah dimiliki minimal seperti laptop/komputer sudah harus tersedia. Sebenarnya untuk saat sekarang ini bila kita tidak memiliki peralatan tersebutpun tidak masalah karena sudah banyaknya rental komputer atau yang lebih lengkap lagi warnet misalnya yang sudah memiliki akses internet juga, tentu saja sangat memudahkan kita dalam belajar menjadi blogger. Penulis juga diawal-awal ngeblog sebelum memiliki laptop dan komputer selalu ke warnet untuk upgrade blog dan memposting konten blog, sehingga faktor tidak memiliki peralatan bukan menjadi penghalang kita untuk belajar Blogging ini.
Bila faktor-faktor diatas sudah dipertimbangkan, silahkan lanjutkan untuk belajar blog dari dasar bisa lewat internet atau lebih bagusnya belajar kepada orang yang lebih dahulu bermain blog(berpengalaman) karena bisa memudahkan kita untuk bertanya secara langsung bila ada sesuatu yang belum paham tentang blog.
Rian Sahrudin
Mentor www.pondokimers.com
Tag : Blog, blogger
comments
0 Komentar untuk "3 Hal Penting Sebelum Nge-Blog yang Perlu Anda Ketahui"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top