Motivasi Nge-Blog Dari A Sampai Z


1.   Pengertian & Sejarah

Blog adalah singkatan dari Web Log yang  berbentuk tulisan-tulisan dimuat sebagai posting dalam sebuah web yang bisa diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik si pembuat blog. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

 Lalu apa bedanya dengan Website?. Dari beberapa referensi aga sulit memang kita menjelaskan perbedaan antara website dan blog, tapi secara umum perbedaan blog dengan website adalah dari segi konten yang disajikan bila blog biasanya hanya bersifat pribadi yang mencatat catatan harian, pengalaman perjalanan, pemikiran, gagasan, hobi pribadinya. Bila website biasanya lebih kompleks dari segi konten, tampilan dan fungsinya pengelolanyapun bisa lebih dari satu orang.

Selain Nge-Blog saat ini sedang popular juga yang disebut dengan ng-Vlog (Video Log) hampir sama dengan blog tapi Vlog ini berbentuk Video bukan tulisan. Kreatifitasnya hampir sama. Cuma kalau teman-teman mau jadi vlogger itu harus narsis abis, engga gugup dan gerogi di depan kamera dan harus rela merekam segala kegiatan menarik yang kita lakukan sehari-hari. Makanya banyak artis yang saat ini merangkap sebagai vlogger, bahkan presiden kita pada saat ini juga membuat beberapa Vlog yang diuload di akun Youtubenya. Tapi saat ini kita lagi belajar jadi Blogger yah, bukan jadi Vlogger…hee

2.   Fungsi

Blog memiliki banyak fungsi yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, diantaranya bisa dijadikan sebagai catatan harian, promosi program media, promosi produk dan sebagainya. Bahkan oleh sebagian orang dijadikan untuk media penipuan di dunia maya, tentu saja hal ini adalah sebuah kejahatan yang tidak boleh kita ikuti. Sebagian blog dikelola oleh personal tunggal, sebagiannya lagi dikelola bersama.

Pada prinsipnya rata-rata blogger melakukan kegiatannya ini adalah untuk mengaktualisasikan dirinya dan menjadikan kegiatan nge-blog ini sebagai sebuah hobi dan kesenangannya dan ini merupakan tujuan utamanya. Tapi mereka juga tidak menolak bila mereka mendapatkan imbalan dari hobinya ini, melalui iklan ataupun jasa yang mereka tawarkan. Bahkan sebagian blogger juga menjadikan blognya sebagai etalase untuk berjualan secara online untuk memperolah penghasilan dari kegiatan nge-blognya tersebut.

3.   URGENSI MENJADI BLOGGER

1.   Blogging Membuat Anda Jadi Orang Yang Lebih Baik

Mengapa ini bisa terjadi? Alasannya sederhana. Orang yang memiliki blog sudah pasti akan meningkatkan keterampilan menulisnya secara perlahan. Bukan hanya itu, keterampilan komunikasinya juga akan meningkat.

Orang-orang yang serius membangun sebuah blog akan mulai membangun pola pikir yang disengaja, tentang siapa dia dan ingin menjadi apa. Kebiasaan ini akan membentuk pola hidup seseorang lebih terarah dan jauh lebih baik.

Saat ini juga, ada banyak perusahaan yang mencari karyawan dari pengalamannya menjadi blogger. Mereka akan melihat karakteristik seseorang dari caranya menulis secara terbuka di blog. Jadi buat blogger ini tentu menjadi nilai tambah.

2.   Blogging Dapat Membantu Orang Lain

Blogger bisa menjadi pekerjaan yang mulia ketika yang kita informasi yang kita tuliskan berisi pengetahuan yang baik. Melalui blog, Anda bisa membantu orang lain dengan masalah tertentu yang mereka hadiri.

3.   Blogging Dapat Menghasilkan Uang
Mungkin Anda sudah banyak mendengar soal ini. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan blogging sebagai mata pencaharian utama.

Memang dibutuhkan waktu untuk bisa menghasilkan uang. Namun jika itu konsisten Anda lakukan, maka tidak menutup kemungkinan akan ada lebih banyak uang yang datang.

Jangan langsung ingin yang besar. Mulailah membangun konten. Saat pengunjung Anda masih kecil, itu sudah bisa menghasilkan uang meski pasif. Seiringnya waktu, dan pengunjung Anda meningkat, maka pendapatan juga akan semakin besar.

4.   Gunakan Blog Untuk Tetap Bersilaturahmi

Orang yang aktif biasanya tidak punya banyak waktu untuk bermain sosial media seperti Facebook atau aplikasi chating lainnya. Namun, menjadi blogger bisa memudahkan semua itu terjadi.

Anda tetap bisa menjalin silaturhami dengan teman lainnya. Mereka dapat dengan mudah membaca segala sesuatu tentang kegiatan Anda, ide-ide dan keberhasilan Anda melalui blog. Intinya bijaksanalah menggunakan ini sebagai alat komunikasi.

5.   Anda Dapat Membuat Dunia Lebih Baik

Jika bingung bagaimana blogging bisa merubah dunia lebih baik. Jawabannya sederhana saja. Jika Anda punya blog, Anda benar-benar punya suara. Itu artinya Anda bisa menyebar semua hal yang Anda sukda dan tidak suka. Serta hal lain yang bisa membantu Anda merubah dunia.

Melalui blog, Anda bisa menyuarakan apa saja. Contoh sederhanya, apa yang dialami Raditya Dika. Melalui blognya yang kemudian menjadi buka, bisa merubah banyak orang yang merasa prihatin dengan kejomboannya dengan sebuah candaan. Dan itu mengurangi jumlah orang-orang yang prustasi. Anda pun bisa melakukan itu.

6.   Blog Dapat Membantu Mengembangkan Bisnis

Satu perusahaan yang memiliki blog akan jauh lebih terkenal dibanding yang tidak. Karena jika satu perusahaan tidak memiliki blog, maka telah membuang banyak hal. Blog bisa menyampaikan banyak hal tentang satu perusahaan

Misalnya saja, Anda punya klien potensial, mereka dapat membaca cerita-cerita menarik tentang kesuksesan perusahaan Anda, ide-ide, strategi dan bahkan produk baru dari perusahaan Anda lewat postingan blog.

7.   Blogging Bisa Menjadi Hobi Yang Asik

Banyak orang yang memiliki waktu luang yang melimpah. Yang ia kerjakan hanya browsing dan jalan-jalan disatu website. Jika begitu, Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk membuat sebuah blog.

Jika memulainya, jangan heran jika mulai kecanduan (dalam makna baik) dan akan menerima banyak sugesti untuk belajar lebih banyak hal. Jika kondisi Anda saat ini sedang membosankan, maka tunggu apa lagi. Mulailah membuat blog.

Anda akan mendapatkan banyak pengalaman baik dan seru. Lagi pula menjadi blogger tidak pernah ada yang kalah.


8.   Blogging Membantu Meningkatkan Daya Menulis dan Kemampuan Argumentasi Seseorang 

4.   BEBERAPA FAKTA MENARIK TENTANG BLOGGING

Blogging memang sudah sejak lama ada di Indonesia. Meski begitu, aktifitas ini baru banyak digeluti belum lama ini. Penelitian yang dilakukan Blogooblok berdasarkan berbagai data pendukung menunjukkan:

1.   Pembaca aktif blog di Indonesia mencapai 60,5 juta orang
2.   90 persen perusahaan yang memiliki blog setiap harinya memperoleh setidaknya satu pelanggan melalui blogging. 
3.   80 persen konsumen di Indonesia mempercayai informasi yang mereka dapatkan dari blog. 
4.   61 persen dari konsumen online di Indonesia telah membuat pembelian berdasarkan rekomendasi dari sebuah blog. 
5.   Blog menjadi aktifitas online paling populer kedua di Indonesia dengan mayoritas kelompok usia 20 sampai 35 tahun. Dimana usia ini menjadi kelompok paling dominan pengguna internet di Indonesia.

5.   KEMAMPUAN DASAR SEORANG BLOGGER

Satu hal penting yang harus kita perhatikan,  ketika kita belajar blog kemampuan dasar yang harus kita miliki adalah bisa menulis, yang saya maksud adalah bukan hanya menulis diatas kertas tapi menuangkan ide dari pikiran kita menjadi sebuah tulisan, baik diatas kertas maupun diketik sehingga muncul dilayar kaca dan bisa dibaca menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi pembacanya.

Maka dari itu, dalam buku ini selain kita belajar tentang teknis pembuatan blog. Kita juga akan belajar menulis secara mudah dan tepat agar tulisan kita optimal dalam sebuah blog. Bagi teman-teman yang sudah hobi menulis, biasanya lebih mudah untuk membuat blog. Karena menulis merupakan kemampuan dasar seorang blogger. Salah satu contoh blogger sukses yang juga seorang penulis adalah Raditya Dika seorang komedian yang juga produktif menulis buku-buku komedinya.

Jadi Nge-Blog itu Menulis, belajar menjadi seorang Blogger itu berarti belajar menjadi seorang penulis. Ingat-ingat..! Mustahil orang yang ingin bisa sukses menjadi seorang blogger atau imers tapi dia malas dan enggan untuk menulis. Blogger tanpa tulisan bagai sumur tanpa air, untuk apa ada tapi tidak menghasilkan dan bermanfaat.

Mulailah belajar menulis tentang diri sendiri, lingkungan, apa yang kita lihat, rasakan, dan pelajari. Jangan malu untuk menulis dan biarkan orang lain membaca tulisan kita. Lama-kelamaan juga kita akan terbiasa dengan dunia tulis menulis, pernah dengar Pribahasa “Bisa karena Terbiasa” ia coba kita biasakan untuk menulis agar kita bisa membuat tulisan yang baik dan nikmat untuk dibaca setiap orang. Menjadi seorang Internet Marketers (Imers) juga harus pandai melakukan penawaran menarik lewat tulisan, karena kata sebagian orang tulisan itu bisa “menghipnotis”, awalnya tidak mau menjadi mau, awalnya tidak butuh menjadi butuh awalnya ga berminat malah jadi beli dan seterusnya.

Maka mulai saat ini kita tanamkan dalam hati kita, bahwa saya bertekad untuk belajar membuat tulisan yang baik di semua akun media sosial kita dan di blog yang akan kita bangun sekarang ini.

Dengan apa Imam Bukhori masih harum namanya sampai saat ini, kalau bukan dengan ilmu yang dia tulis dilembaran kertas. Imam Syafi’i juga masih meninggalkan nama beliau yang indah di generasi-generasi berikutnya berkat ikatan ilmu yang diikat lewat tulisan-tulisannya. Kita bisa melihat sejarah masa lalu salah satunya dengan membaca tulisan sejarah, kalau sejarah itu hanya disampaikan dengan certia dari mulut kemulut maka bisa saja cerita itu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi atau bahkan dipalsukan. Apalagi menjadi seorang blogger yang memang kerjaan utamanya adalah menulis, maka kegiatan menulis menjadi sesuatu yang sangat baik untuk terus dikembangkan. Seseorang bisa sangat mudah dilupakan tetapi tidak dengan tulisannya. Bila gajah mati meninggalkan gading dan macan mati meninggalkan belang, tak berlebihan juga kalau manusia sudah tidak berada didunia ini yang tertinggal hanya nama dan hasil karya tulisnya.

6.   Jenis Blog
Ada banyak jenis blog yang ada sesuai dengan niche yang dipilih oleh pembuat blog. Topik dalam sebuah blog menentukan pasar pengunjung (visitor) yang akan ditargetkan. Diantara jenis blog yang sering kita temui adalah :
1.   Blog Pribadi/Personal : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
2.   Blog Agama/Dakwah : Membahas tentang Agama
3.   Blog Kesehatan : Membahas tips kesehatan dan informasi tentang dunia kesehatan
4.   Blog Perjalanan/Traveller : Hampir sama dengan catatan harian tapi lebih mengerucut lagi, Dibuat oleh seorang yang hobi Jalan-jalan (traveler) berisi tentang penghalaman perjalannya
5.   Blog Bisnis : Berisi tentang informasi, tips dan ide Bisnis yang bisa kita jadikan inspirasi dalam memulai berbisnis.
6.   Blog Teknologi Informasi (Komputer, Handphone, Android) : Membahas tentang perkembangan dunia Teknologi Informasi seputar computer, hp dan aplikasi terbaru
7.   Blog Gado-gado : Istilah yang biasa digunakan untuk blog yang membahas berbagai macam niche, tidak beraturan dan campur aduk didalamnya.
  1. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  2. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
Pembahasan tentang jenis-jenis blog ini tidak perlu terlalu dipusingkan dan diambil hati cukup dijadikan referensi pengetahuan kita saja dan untuk mengidentifikasikan blog yang akan kita buat nanti.
comments
0 Komentar untuk "Motivasi Nge-Blog Dari A Sampai Z"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top