Gatget oh Gatget

#Gatget oh Gatget

Dahulu, handphone merupakan barang mewah yang Istimewa bisa dikatakan barang ini masuk kedalam kebutuhan tersier kita setara dengan mobil mungkin. Tidak terlalu dibutuhkan sebenarnya ketika itu, hanya sebagai gaya hidup dan identitas status sosial kita.

Berbeda dengan hari ini, hampir semua orang memiliki handphone bahkan 1 orang saja bisa memegang lebih dari 2 handphone. Hampir semua kalangan dan profesi memiliki barang ini sebagai bagian dari alat komunikasi.

Pernah suatu saat saya melihat dengan mata kepala saya sendiri seorang pemulung yang sedang asik memainkan gatgetnya, hal ini mengambarkan kepada kita bahwa hp sudah tidak lagi hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang berada di area elit saja, tapi sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang dalam berkomunikasi.

Fungsi hp saat ini lebih melebar lagi bukan hanya untuk kepentingan berkomunikasi 2 arah dengan satu orang saja, tapi kini menjadi sebuah alat informasi utama dan sebagai sarana media dalam bersosialisasi, berkampanye, berjualan, membangun jaringan, menghabiskan waktu, uang dan seabrek kepentingan lainnya.

Keadaan ini sangat menyita perhatian dan menyibukan kita, mungkin menjadi penyebab meningkatnya tingkat kesetresan kita selama ini yang membuat kita sedikit sulit untuk tetap fokus pada kegiatan-kegiatan yang benar-benar produktif dan lebih bermanfaat.

Coba uji saja, berapa lama kita kuat untuk bertahan di depan layar kaca gatget kita ini ketimbang kita membaca buku kertas yang kaya akan manfaat begitu besar. Pasti kita lebih kuat untuk bertahan didepan layar kaca gatget kita itu, apalagi lengkap dengan quota internetnya, yakin ga akan pernah lepas sampai mata itu benar-benar lelah.

Ibarat pisau, gatget ini bisa digunakan sebagaimana tujuan usernya. Pisau bisa digunakan untuk membantu kita memotong buah dan sayur yang akan kita konsumsi, disisi lain pisau juga digunakan sebagian orang untuk berbuat kejahatan seperti mengancam, menyandra bahkan menghilangkan nyawa orang lain dengan bantuan pisau tersebut.

Nah begitulah gatget juga, ketika kita bisa menggunakan alat ini untuk hal-hal kebaikan seperti menyambung tali silaturahim, menyebarkan informasi bermanfaat atau bahkan berbisnis nah fungsi gatget ini juga menjadi baik. Sebaliknya, bila gatget ini kita gunakan untuk menyebarkan kebencian, menyebarkan berita bohong (hoax), menipu, bermusuhan dan sebagainya, maka sangat disayangkan banyak waktu kita yang terbuang sia-sia untuk hal yang demikian.

Bijak-bijaklah bersosial melalui media ini, karena dunia maya juga pada hakikatnya cerminan dari dunia nyata yang kita jalani sehari-hari. Kalimat-kalimat baik yang kita tulis didunia maya juga harus menjadi cerminan perbuatan kita didunia nyata.

*Share bila setuju

Tag : Ryn Oedin
comments
0 Komentar untuk "Gatget oh Gatget"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top