Proposal Santunan Anak Yatim Rapes 2017

Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim/Piatu

No : 01/BPBSAYP-RAPES/VIII/2017
Lampiran : 3 lembar
Hal : Mohon Bantuan Dana Penyantunan Anak Yatim/ Piatu

Kepada Yth,
Para Donatur Yang Di Rahmati Allah SWT

Assalaamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabat sampai kepada kita umatnya yang berada pada jalur hidayah sampai akhir zaman.
Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H, kami selaku Pengurus Ex Karang Taruna Ragam Pesona akan mengadakan buka puasa bersama dan santunan anak yatim  yang  InsyaAllah  akan  dilaksanakan pada hari Ahad, 04 Juni 2017.  Kegiatan  ini  diperkirakan  akan  menghabiskan  dana sebesar Rp 6.800.000,-  (alokasi dana terlampir),  sementara  iuran dana pengurus yang sudah terkumpul sebanyak Rp.1.800.000,-  dengan demikian untuk kegiatan amal mulia tersebut kami masih kekurangan dana sebesar Rp.5.000.000,-  Untuk itu, kami mohon  uluran  tangan dan keikhlasan hati para dermawan demi terlaksananya kegiatan sekaligus sebagai bekal bagi kita semua untuk menanam ladang dan investasi akhirat.
Sebagai  bahan  pertimbangan  bersama  ini  kami lampirkan  anggaran dana dan susunan kepengurusan serta sekilas tentang acara santunan anak yatim/piatu dan buka puasa bersama.
Demikianlah permohonan bantuan dana untuk penyantunan anak yatim/ piatu ini kami sampaikan, atas bantuan Bapak/Ibu kami sampaikan banyak terima kasih. Teriring doa Jazaakumullohu Ahsanal jazaa.
Wassalaamualaikum Wr. Wb.
Bekasi, 17 April 2017
  Ketua Panitia Sekretaris

Muhammad Riono         Nia Pradita Sari
Pendahuluan
Alhamdulillaahirobbilaalamiin, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah serta limpahan rahmat bagi umat di muka bumi ini. Manusia, sebagai Khalifatullah dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan dengan tiga hal yaitu dengan Allah SWT (habluminallah), dengan sesama manusia (habluminannas) dan dengan alam semesta.
Hablumminallah diwujudkan dalam pelaksanaan ibadah (pengabdian) hanya kepada Allah SWT dan dilaksanakan dengan ibadah mahdhoh. Selain itu Allah SWT pun telah memberikan tuntunan agar sesama manusia hidup berdampingan dengan mengedepankan rasa saling menghormati dan tolong menolong dalam kebersamaan dan persaudaraan melalui zakat, infaq, shodaqoh dan amal-amal lain yang ghoiru mahdhoh.
Sebagaimana dalam kisah saat seseorang menanyakan kepada Rasulullah SAW, siapa yang telah menjalankan ibadah haji dengan mabrur? Rasululllah SAW menjawab, yaitu seseorang yang tidak pergi ke kabah karena telah mengorbankan harta tabungan ibadah hajinya untuk membantu tetangga yang lebih membutuhkan.
Kisah lain tentang hubungan dengan alam semesta, yaitu saat seekor anjing sedang kehausan maka diberikan kepadanya air oleh seorang wanita penghibur, yang walaupun profesi wanita tersebut adalah pekerjaan yang hina, tetapi karena keikhlasan untuk menyelamatkan seekor anjing, maka wanita itu mendapatkan ampunan dan tempat yang terbaik disisi Allah SWT.
Dari dua kisah tersebut, maka jelaslah bahwa dengan dilandasi keteguhan dan kesungguhan dalam menjaga hubungan dengan Allah, seorang hamba yang telah berusaha untuk bermanfaat buat sesama manusia dan alam semesta maka Allah SWT akan memberikan tempat yang terbaik kepada mereka di sisiNya (khoirunnaas an-fauhu linnaas).
Berkaitan dengan hal tersebut dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H, Ex Karang Taruna Ragam Pesona melihat perlunya terus dipelihara rasa saling mengasihi dan tolong menolong di dalam masyarakat melalui kegiatan yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat luas, disamping bertujuan untuk menjaga dan mengukuhkan hubungan dengan Allah SWT. misi mulia tersebut akan kami tuangkan dalam sebuah kegiatan Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim/ Piatu. Adapun penjelasan yang terperinci akan kami sampaikan pada bagian setelah pendahuluan ini. Semoga proposal yang kami buat ini  mendapat  ridho  dari Allah SWT.

Dasar Pemikiran
Menyantuni Anak Yatim dan Fakir Miskin merupakan kewajiban kaum muslimin dan orang yang mengabaikannya dianggap sebagai pendusta agama dan diancam dengan azab neraka (QS. Al-Maun : 1-2) dan (QS. Ad-Dhuha : 9-11)
Ada anak yatim disekitar lingkungan  kami yang sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan
Bulan suci Ramadhan yang sudah diambang pintu merupakan momen paling tepat untuk menumbuhkan semangat ber-zakat, infaq, shodaqoh, dan beramal mulia diantaranya dengan memberi santunan kepada anak yatim/piatu.
Mengingat di bulan suci Ramadhan banyak kemenangan dan semua amal akan di lipat gandakan pahalanya, nafas menjadi tasbih, tidur menjadi ibadah, doa menjadi ijabah.
Tujuan
Meningkatkan iman dan taqwa dengan segala cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memupuk ukhuwah islamiyah antara sesama dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan,
Menumbuhkan kesadaran diri untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT dengan menyantuni anak yatim/ piatu agar dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dan bisa ikut merasakan kegembiraan di hari raya Idul Fitri, dan
Meningkatkan kehidupan sosialitas bermasyarakat.
Bentuk Kegiatan
Penyantunan  anak yatim/ piatu yang masing-masing akan mendapatkan uang sebesar Rp 100.000,-
Buka Puasa Bersama.

Pelaksanaan
Hari          :    Minggu
Tanggal    :    04 Juni 2017
Waktu      :    16.00  18.30  Wib
Tempat     :    Mushola Al-Mujahiddin
Telp :    0895-3260-68679 (Riono) & 0857-1598-3282 (Elli)
No. Rek :    Bank BNI Syariah 0317511248 (an Elli Rachmawati)
Anggaran
Secara garis besar, biaya yang diperlukan kegiatan ini diperkirakan sebesar
Rp 6.800.000,- ( enam juta delapan ratus rupiah )  dengan rincian anggaran terlampir.
Pemasukan

No.
Rincian
Jumlah

Iuran anggota aktif
Rp 1.800.000,-

Total
Rp 1.800.000,-

Pengeluaran

No.
Rincian
Jumlah

1.
Uang Santunan
Rp 3.000.000,-

2.
Penceramah
Rp    300.000,-

3.
Doa
Rp    200.000,-

4.
Infaq Musholah
Rp    100.000,-

5.
Hadroh
Rp    100.000,-

6.
Dekorasi
Rp    300.000,-

7.
Amplop
Rp      50.000,-

8.
Surat dan Proposal
Rp    100.000,-

9.
Hadiah
Rp    200.000,-

10.
Nasi Box
Rp 1.500.000,-

11.
Snack
Rp    500.000,-

12.
Sop Buah
Rp    400.000,-

13.
Tisu Makanan & Plastik
Rp      80.000,-

Total
Rp 6.800.000,-

TOTAL KESELURUHAN :
Pemasukan : Rp 1.800.000,-
Pengeluaran : Rp 6.800.000,-
Rp 5.000.000,- (minus)
*Nilai minus tersebut didapat dari dana donator
Penutup
Demikianlah Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim/ Piatu yang kami rencanakan, semoga bantuan para dermawan baik dari instansi pemerintah maupun non pemerintah kegiatan ini berjalan lancar sesuai harapan serta bisa memberi manfaat sebesar-besarnya kepada ummat dengan segala rahmat, petunjuk, dan ridho Allah SWT. Aamiiin.
Atas segala perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu/ Sdr/ Sdri kami ucapkan jazaakumullaahu ahsanal jazaa, semoga Allah SWT selalu memberikan limpahan rahmat serta kemudahan rizki didalam mengarungi bahtera kehidupan di alam dunia ini.
Proposal ini sekaligus merupakan Undangan Resmi untuk menghadiri kegiatan tersebut pada tempat dan waktu yang telah di tentukan.

Bekasi, 17 April 2017
   Ketua Panitia   Sekretaris

Muhammad Riono           Nia Pradita Sari
Lampiran 1

Susunan Panitia
Ketua Panitia : Muhammad Riono
Sekretaris : Nia Pradita Sari
Bendahara : Elli Rachmawati, S.Pd.I
Acara : Ella Nuraini,  Refika Hapsari, Dimas Suryana
Humas : Rian Sahrudin
Konsumsi : Yanita Cikal, Ria Mardani, Ira Wijayanti
  Febi Yani, Dewi Lestari, Dwi Ukhti Fadiah
Dokumentasi : Riska Sulistya, Agus Hermawan, Harry Kurniawan
Perkap : Aswari Hendro Subekti, Ririn, Ade Yusup Prasetyo Utomo

Susunan Acara
Waktu Kegiatan PJ
15.45 - 16.00 Breafing Panitia Semua Panitia
16.00  16.15 Mulai Acara (Pembukaan) MC
16.15  16. 30 Sambutan MC
- Ketua Pelaksana
- DKM
- RT
- Tokoh Masyarakat
16.30  17.00 Ceramah Ustadz
17.00  17.40 Hiburan (Hadroh dan Kuis) Pengisi Acara & MC
17.40  18.20 Doa, Buka Puasa, dan Sholat Magrib Semua
18.20  Selesai Penutup dan Santunan Semua

comments
0 Komentar untuk "Proposal Santunan Anak Yatim Rapes 2017"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top