Cara Mudah Mengedit Menu Blog dengan Edit HTML

Bagaimanakah cara buat blog yang keren? Yang terlihat bagus, rapih dan menarik?. Salah satu hal yang perlu kita lakukan pada blog kita adalah dengan mengedit tampilan blog. Adapun Cara mengedit tampilan blog yang keren bisa dengan menggunakan menu sesuaikan template di menu template pada blogger atau juga dengan mengganti template bawaan dengan template yang kita download baik yang gratis maupun berbayar alias premium. Untuk mendapatkan template blog yang gratis bisa di search di Google disana terdapat banyak sekali template blogger yang bisa kita download secara gratis, untuk yang versi premiumpun banyak, tinggal kita search lagi.

Baik, kita lanjutkan pembahasan intinya. Setelah kita mendownload template eksternal blogger, hal yang wajib kita lakukan adalah mengedit tampilan blognya sesuai dengan keadaan blog kita. Karena biasanya berbeda antara konten dalam contoh template dengan tema konten kita, sebagai contoh terkadang kita tertarik dengan salah satu template akan tetapi dalam contoh template tersebut ternyata tema blognya tentang otomotif, sedangkan blog yang kita miliki adalah blog yang membahas tentang resep masakan, bisa dibayangkan menu apa yang tertulis pada template blog tersebut pastilah tertulis pada menu template tersebut seperti “Service” “Mobile” dll berbeda dengan menu yang kita inginkan sebagai blog resep makanan seharusnya menu yang ada di blog ini adalah menu “Masakan Jawa” “Masakan Sunda” “Masakan Padang” dll.

Baca Juga :  Tips membuat Logo Blog yang Bagus dan Mengesankan

Nah satu bagian yang pertama-tama kita edit adalah tombol menu navigasi horizontal ini yang ada di bar, biasanya menu ini berada di atas logo/nama blog ataupun dibawah logo/nama blog kita. Bentuknya ada yang horizontal maupun vertikal atau biasa kita sebut juga dengan menu dropdown dan da juga sub menu dropdown. Adapun cara mengedit menu di blog ini bisa kita lakukan dengan mudah memanfaatkan menu template dan edit HTML di blogger dengan rumus edit template versi bang Rian yaitu Copy, Find dan Paste biasa disebut juga CFP.

Adapun caranya sebagai beikut :

  • ·         Masuk Akun Blogger
  • ·         Pilih Menu Template
  • ·         Pilih Edit HTML

CFP Mode ON

Copy
Buka tab baru dan buka blog/situs kita dan lihat menu yang ada, pilih menu yang akan diganti dan silahkan di Copy kata-kata dalam menu tersebut

Find & Paste
Kembali ke tab awal di edit HTML itu, klik sembarang didalam kotak script html kemudian Find (ctrl+f) paste kata-kata pada menu yang tadi di kotak telusur find yang ada dipojok kotak html sebelah kanan. Setelah ketemu silahkan ganti kata-kata tersebut dengan Kata-Kata yang kita inginkan untuk tempil sebaga menu dalam blog kita. Untuk mengganti menu-menu yang lain silahkan ulangi rumus CFP dari awal sampai habis hingga selesai.

Setelah selesai, silahkan simpan hasil editan tersebut dengan memilih menu Simpan Template.
Buka blog/situs kita, \tampian menu sudah berubah terlihat lebih bagus, keren, maco dan kece..hee

Sebenarnya tahap ini belum selesai, karena kita belum mengisi link pada menu tersebut, pada tulisan berikutnya insyaAllah kita akan membahas tentang Cara mengisi link pada menu blog dengan menggunakan Rumus CFP, sebagai bocoran biasanya link menu berisi link salah satu postingan ataupun laman atau bisa juga diisi dengan link search Label (postingan berdasarkan label). Untuk blog Bang Rian sendiri kebanyaka menggunakan link Search Label sebagai link dalam menu.


Sebagai contoh saya sudah buatkan video tutorial Mengedit Menu di blog dengan HTML disini (ga sampe 2 menit) :




Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengedit Menu Blog dengan Edit HTML"