Anjuran untuk Menutup Makanan & Minuman

TUTUPLAH MAKANAN DAN MINUMAN

♻ Menutup makanan atau minuman yg kita taruh dalam suatu wadah adalah salah satu sunnah dari beliau Nabi shollallähu 'alaihi wa sallam.
☘Hal yang banyak dilalaikan ummat Muslim ini ternyata bukanlah perkara sepele, mengandung fadhilah besar jika kita melaksanakannya, dan besar pula madhorotnya ketika kita enggan melakukannya.

TIBA-TIBA SAKIT TANPA SEBAB

🔴 Saudaraku pernahkah kita temui berita tentang keracunan masal ? Padahal malam hari makanan baru dimasak segar dan bersih dengan porsi besar untuk dihidangkan pada acara pagi harinya..

🔴 Pernahkah pula kita mendengar seorang yang sehat dan bugar yang sangat jarang sekali sakit, tiba-tiba mendadak sakit parah ? Dan itu diketahui setelah check lab medis, bahkan terkadang ada yang tidak terdeteksi secara medis..

🌾Rosuululläh shollallähu 'alaihi wa sallam telah sampaikan suatu hadits pada kita ;

فَإِنَّ فِي السَّنَةِ لَيْلَةٌ يَنـْزِلُ فِيْهَا وَبَاءٌ لاَ يَمُرُّ بِإِناَءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ غِطَاءٌ أَوْ سِقَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ وِكَاءٌ إِلاَّ نَزَلَ فَيْهِ مِنْ ذَلِكَ الْوَبَاءِ .

“ Sesungguhnya dalam satu tahun terdapat satu malam yang turun pada malam itu wabah penyakit. Tidaklah wabah itu melewati bejana yang tidak ditutup atau wadah air yang tidak diikat, melainkan wabah itu akan turun padanya." (HR. Bukhöriy, 3/1195, 3106)

🔴 Bisa jadi itulah diantara sebabnya yaitu lupa/enggan menutup gelas minuman ataupun makanan kita di suatu malam (dimana bertepatan dengan turunnya wabah) tersebut, wallähu a'lam..

🌾Oleh karenanya Nabi shollallähu 'alaihi wa sallam bersabda :

وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ

“ Tutuplah pintu-pintu serta tutuplah bejana serta wadah-wadah makan dan minum kalian." (HR. Bukhöriy 5624)

وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهِ بِعُودٍ

“ Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walaupun hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya." (HR. Ahmad 14597)

🌿 Imam An-Nawawi rohiimahulläh berkata : 
" Perintah Nabi shollallähu 'alaihi wa sallam untuk menutup bejana ini bertujuan untuk memperoleh keselamatan dari gangguan syaithon. Alläh Ta'alä menjadikan hal itu sebagai sebab terhindarnya seorang hamba dari gangguannya, karena syaithön tidak bisa membuka bejana jika sebab yang disebutkan tadi ( dengan menyebut nama Alläh) dilakukan." (Syarah Shohih Muslim, 13/185)

🚦Tutuplah wadah makanan dan minuman kita.. jika tidak jumpai satu tutup pun untuk menutup, maka tutuplah dengan ranting/pen/pensil dan sebutlah nama Alläh saat menutupnya..

♻ Semoga Alläh menjaga kita dalam kebaikan dan kesehatan..

🌺 Wallähu a'lamu bishshowaab

*Grup WA INFO MASNAN
Tag : Artikel
comments
1 Komentar untuk "Anjuran untuk Menutup Makanan & Minuman"

subhanallah, artikelnya bikin adem di hati,

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan