Cara Mulai Bisnis Online dari Nol - Khusus Pemula

Cara Mulai Bisnis Online dari Nol - Khusus Pemula

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara memulai bisnis online yang akan kita mulai dari nol sampai dengan keuntungan berlimpah, Mungkinkah?


Yang perlu ketahui hampir semua bisnis tidak ada yang tanpa resiko , maksudnya semua bisnis pasti memiliki resiko masing-masing, mulai dari bisnis yang omsetnya puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, sampai dengan miliyaran semua ada resikonya masing-masing. Cuma yang harus kita cari jalan keluarnya adalah bagaimana kita meminimalisir kemungkinan resiko yang ada. 

Seperti yang sedang ramai diberitakan akhir-akhir ini tentang salah satu selebgram yang tertangkap polisi dengan tuduhan kasus penipuan kepada seseorang yang dijanjikan keuntungan miliyaran melalui investasi bisnis tas import yang ditawarkan, tidak tanggung-tanggung kerugian yang dialami si korban mencapai belasan miliyar, nah itu salah satu resiko bisnis yang sangat besar apalagi sampai melibatkan aparatur hukum, semoga kita dijauhkan dari hal-hal seperti demikian, aamiin.

Salah satu resiko awal dalam berbisnis adalah modal yang harus kita miliki, hampir semua bisnis memerlukan modal,loh emang iya? maksudnya tidak semua, karena ada beberapa jenis bisnis yang bisa kita jalankan tanpa modal sepersenpun. Contoh bisnis yang tanpa modal seperti menjadi Reseller produk orang lain, atau mengikuti program Affliate yang gratis (karena rata-rata berbayar, hee) dan sebagainya.

untuk pemula seperti kita ini, bisnis bisa kita mulai dengan modal kecil, seperti yang kita sebutkan sebelumnya, bisnis online tidak harus menunggu stok barang dagangan yang banyak atau dengan pilihan jenis produk yang melimpah. Tapi bisa kita mulai dengan stok produk yang kita sesuaikan dengan budget kita. 

Dengan  catatan kita harus konsisten dengan bisnis kita, memisahkan antara uang bisnis dan uang dapur pribadi kita, penulisan transaksi yang rapih dan laporan penjualan yang lengkap. Kalau itu semua kita jalankan dengan konsisten penuh dengan tanggung jawab, maka bisnis kita akan mudah berkembang sedikit demi sedikit.

Tapi yang harus kita ingat adalah belajar bisnis bukan berarti kita belajar mengejar dunia secara serakah dengan menghilangkan tujuan utama hidup kita untuk beribadah. Belajar bisnis adalah bentuk ikhtiar kita untuk memenuhi kewajiban kita hidup didunia. Bagi orang Islam kita tidak terlarang mencari dunia, karena meninggalkan dunia secara keseluruhan juga kurang baik rasanya, yang tercela adalah kita tertipu oleh dunia sehingga kita lupa akan kehidupan kita yang hakiki kelak di akhirat.

Kita kembali ke pembahasan untuk memulai bisnis dari nol dan modal kecil ini, Sebelumnya kita perlu tahu, jualan online berarti kita juga jualan konten, konten yang dimaksud adalah bisa berupa text, gambar ataupun video. Semakin bagus nilai kontennya semakin bagus juga kemungkinan peluang untuk berhasil di bisnis online.

Berbisnis lewat web atau blog berarti kita harus memiliki kemampuan menulis yang bagus (nulis maksudnya adalah ketik) karena disitulah kekuatan penawarannya. Berjualan di Instagram berarti kita harus memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar bagus yang terbaik dari produk kita, karena bisa dikatakan jualan di instagram adalah jualan gambar. Dagang di Youtube berarti kita harus memiliki kemampuan membuat dan mengedit video agar  menarik bagi penonton di youtube. Begitupun di sosial media berarti kita juga harus memiliki nilai interaksi bersosial yang bagus di media online tersebut (ilmu ini banyak dibahas di Buku Covert Selling karya Ki Hajar Nasution). 

Hal diatas bukan berarti kita mengesampingkan kualitas produk kita ya, karena kalau kita berpikir agar kita berbisnis dengan jangka yang panjang kita tidak boleh mengecewakan pelanggan, contohnya penawaran kita bagus, gambar kita mantep dan video penawaran kita menarik eh pas orang beli produknya, kecewa. Nah disinilah reputasi kita sebagai pedagang akan hancur. Kalau reputasi udah ga bagus sedikit sulit bagi kita untuk memperbaikinya. Maka dari itu selain kita berpikir untuk membuat konten yang bagus kita juga pikirkan kualitas produk kita agar tetap konsisten di standarnya masing-masing.

Untuk membuat konten yang berkualitas berarti kita perlu mempelajar beberapa kamampuan berikut (minimal basic) :

1. Menulis
Menuli adalah kemampuan dasar yang "wajib" dimiliki seseorang yang akan memulai bisnis online, karena hampir semua konten memerlukan tulisan, kalau artikel sudah jelas karena isinya tulisan semua. Tapi kalau gambar, apakah perlu penulisan juga? jawabnnya adalah perlu. Contoh di instagram, kita butuh deskripsi produk yang menarik dan tag yang relevan. Begitupun Video kita perlu memberikan deskripsi secara lengkap tentang video yang kita upload. 

Demikian juga di Sosial media, kita perlu update status kita, nah inikan perlu kemampuan menulis yang baik ya?. Maka dari sekarang mulailah belajar menulis. Belajar menulis bisa diawali dengan banyak membaca. Karena dengan banyak membaca kita mendapatkan inspirasi kosa kata yang banyak dan bisa memilih gaya penulisan yang berbeda-beda dari setiap penulis. Ketika kita sudah bisa menulis maka kita akan mudah untuk membuat konten web,membuat blog, membuat copywriting, Covert selling, SEO dan sebagainya. 

2. Photografi dan Desain Grafis
2 Tools wajib berbisnis online yang kaitannya dengan dunia photografi dan desain grafis yang harus kita miliki dan mampu menggunakannya adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw. Dengan belajar ke 2 software tersebut selain mengupgrade skill, kita juga bisa meminimalisir untuk biaya Fotografer dan Desainer Grafis (karena kita kerjakan sendiri, hee). Kalau kita tidak ada waktu untuk belajar, bisa saja kita untuk menyewa jasa photo dan desain produk dan brand kita. Tapi biayanya lumayan, tapi kalau ada uang tak masalah, hee.

3. Membuat dan MengEdit Video
Salah satu kawan saya mengatakan bahwa promosi yang paling menarik pada saat ini adalah menggunakan video, ada benarnya juga. Kalau kita lihat orang yang menggunakan FbAds juga banyak yang menggunakan konten video untuk menarik pelangganya. Kalau di Youtube jangan ditanya, karena disana gudangnya video, hee.

Baik, itu saja yang kita bahas kali ini. Semoga bermanfaat.
Tag : bisnis
comments
2 Komentar untuk "Cara Mulai Bisnis Online dari Nol - Khusus Pemula"

benar, semakin berkembangnya pengetahuan masyarakat terhadap internet, banyak tuh video-video bermutu kayak di youtube

misahin uang bisnis dan uang dapur-nya ini yang susah nya minta ampun, apalagi kalau istri dah manyun minta belanja

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan