Gunung Cikuray Via Pemancar Biaya Transport, Bus & Pick Up dari Bekasi 2018

Gunung Cikuray Via Pemancar  Biaya Transport, Bus & Pick Up dari Bekasi
cikuray via pemancar
Cikuray via Pemancar

Assalamualaikum selamat pagi dan salam lestari untuk teman-teman para pendaki, penikmat lelah dan penanti senja.

Kali ini saya ingin berbagi kembali tentang salah satu perjalanan pendakian yang baru saja kami lakukan, ke salah satu deretan gunung tertinggi di Jawa Barat yaitu Gunung Cikuray Garut Jawa Barat.
  • TREK TANPA BONUS
Seperti gunung-gunung lain yang ada di Garut. Cikuray juga memiliki karakter khas yang sama, yaitu dingin yang luar Biasa. Yang membedakan cikuray dengan beberapa gunung lainnya adalah dari Trek jalur pendakiannya, bagi pemula dijamin ngos-ngosan kalau pertama kali naik gunung ini (gunung lain juga sama sih, hee).
  • GUNUNG CIKURAY ANGKER?
Berbagai cerita mistispun tersebar dikalangan masyarakat dari mulai angker, serem dsb. Hampir setiap gunung memiliki cerita-cerita yang berbau mistis ini, karena dari sejarahpun memang banyak kejadian-kejadian yang terjadi di berbagai gunung.

Kalau kita berpikir kesana, jangankan ke Gunung dirumah kita sendiripun sebenarnya ada golongan makhluk selain manusia yang menghuninya bahkan didalam diri-diri kita. Karena mereka memang ada, sebagaimana itu juga merupakan keyakinan sebagai seorang muslim.

Di sinilah pengtingnya kita meluruskan niat ketika mendaki gunung manapun, menjaga adab, tidak berkata-kata sembarangan dan senantiasa berdzikir kepada Allah. Jangan juga mendaki gunung itu untuk meminta-minta kepada penghuni gunung atau meminta kepada kuburan yang ada digunung.   Karena sebenarnya gunung itu ciptaan Allah dan penghuninya pun ciptaan Allah. Maka kita meminta hanya kepada Allah.

Oke, lanjut ya.
  • PENDAKIAN DADAKAN
Perjalanan pendakian ke cikuray ini adalah perjalanan dadakan. Awalnya teman meminjam Carier kepada saya sekitar jam 13.00 wib. Ketika dia kerumah saya,kami ngobrol sebentar. Saya nanya berapa orang yang ikut n siapa aja yang ikut. Akhirnya sayapun mau ikut juga. Hee, dan mengajak 2 teman lainnya secara mendadak juga. Alhamdulilah ke 2 teman sayapun bisa ikut. Kami melakakukan persiapan, berkemas, balanja logistik dan alat hany sekitar 2 jam. Karena jam 4 kita harus sudah kumpul untuk berangkat.
  • ESTIMASI BIAYA TRANSPORT BEKASI - CIKURAY GARUT
Kami berkumpul disalah satu rumah teman, yaitu rumah Bang Arsyad yang ada di Mangunjaya Tambun Selatan Bekasi. Dari sana kita naik grabcar menuju Terminal Bekasi biaya sekitar Rp. 30.000 (patungan 10rb/org,karena kita bernagkat ber 3).

Sampai di terminal, alhamdulillah langsung ketemu Bus Primajasa jurusan Garut. Kamipun langsung naik bus Garut Ekonomi itu (karena yang ada cuma itu). Biaya bus dari Bekasi ke Garut (kami turun di alun-alun Tarogong) adalah Rp. 40.000 (bus Primajasa Bekasi-Garut Ekonomi).

Perjalan dari Bekasi ke Garut menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam dan alhamdulillah ketika itu tidak terkena macet. Mungkin kalau macet bisa lebih dari itu.

Kami sampai diterminal tarogong sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah istirahat dan makan nasi goreng (hee) kami dijemput Mobik Pick Up yang sebelumnya sudah kita booking, biaya naik pick up ini dihitung per Orang Rp. 45.000/kepala.

Karena sudah terlalu malam kami tidak langsung diantar ke Pos Pemancar tapi kami transit dulu dirumah abang-abang pickup untuk menginap semalam (ini gratis).

Kami ditawarkan untuk sarapan nanti pagi oleh pemilik rumah, tapi untuk biaya bahan makanan diserahkan kepada kami dengan biaya Rp. 10.000/orang. Kami menyetujui tawaran itu, karena kami pikir sekalian untuk membayar jasa penginapannya.
  • PENDAKIAN DARI POS PEMANCAR
Keesokan harinya setelah sarapan dan persiapan kami melanjutkan perjalanan menuju pos pemancar.

Perjalanan kami mulai pukul 07.30 Wib, dalam perjalan menuju pos Pemancar kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa. hamparan bukit-bukit, sawah, tanaman-tanaman dan para petani yang sedang bekerja disawah menjadi pemandangan yang menarik bagi kami, karena pemandangan seperti ini sangat langka kami dapatkan di perKotaan (seperti Bekasi, hee).

Sebelum masuk pos Pemancar kita harus membayar tiket masuk kawasan wisata kebun teh sebesar Rp. 10.000. disini juga pemandangannya ga kalah menarik. hamparan luas kebun teh dan warna hijau yang dominan Melengkapi keindahan lukisan alam sang maha Pencipta.

Puas dengan memanjakan mata melihat pemandangan di kaki Gunung Cikuray Garut. Kami mulai melakukan pendaftaran di Pos Pemancar, sebagai syarat adiministrasi kami mengisi semua nama anggota yang ikut rombongan pendakian dan membayar tiket pendakian ke Gunung Cikuray melalui Jalur Pemancar sebesar Rp. 15.000/kepala.

Perlu diketahui, perjalan dari parkir pick up ke pos pemancar lumayan buat pemanasan pendakian. Karena kita harus menaiki tangga tanah (sekitar 500m) menuju pos pemancar, tanpa belok dan tanpa landai sama sekali. Baru mau mulai pendakian kita sudah ngos-ngosan, hee.

Kita mulai pendakian dari pos pemancar sekitar pukul 09.00 Wib pagi. Seperti yang pernah saya singgunng diawal artikel ini. Jalur pendakian Cikuray memang benar-benar tanpa Bonus. Hampir 80 % jalur pendakian adalah tangga tanah dan akar. sedikit sekali kita menemui dataran, kecuali di pos-pos Pendakian.
  • NGE-CAMP di Pos Bayangan POS 7
Matahari sudah hampir terbenam. Tapi kami belum juga sampai dipuncak, akhirnya kami membuka tenda di pos Bayangan menuju pos 7. Alhamdulillah masih kebagian tempat untuk 2 tenda kecil dan 1 tenda besar. Kami istirahat , makan dan bermalam di tempat tersebut.

Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, kami bangun untuk sarapan dan persiapan melakukan perjalan kembali menuju puncak Gunung Cikuray. kami masih harus melewati 1 pos lagi untuk mencapai puncak. Tapi karena kita sudah melakukan istirahat yang cukup dimalam hari, perjalanan menuju puncak tidak seberat sebelumnya.
  • PUNCAK GUNUNG CIKURAY
Sekitar pukul 06.00 wib pagi hari kami sudah mencapai puncak.

Alhamdulillah. Keindahan alam yang luar biasa menyambut kami diatas sana. Pemandanagan langka yang hanya bisa kami dapatkan setelah melalui lelah dan dan pendakian terjal menuju diketinggian. Maha Besar Allah yang telah menciptakan alam semesta berikut dengan keindahan-keindahan didalamnya. Nikmat yang begitu agung sehingga kita masih bisa menikmati keindahan ciptaan-ciptaanya. salah satunya diatas Puncak Gunung Cikuray Garut ini. (Rynoedin)

oke, sampai jumpa lagi diperjalanan kami berikutnya.

Alhamdulillah, semoga tahun 2024 ini bisa update perjalanan ke Gunung Cikuray ini

3 komentar untuk "Gunung Cikuray Via Pemancar Biaya Transport, Bus & Pick Up dari Bekasi 2018"

Comment Author Avatar
Bang, minta mau tanya ? Itu nyewa pick up pulangnya juga di jemput ga ? Kalo boleh minta nomer hp abang2 pick upnya
Di Pos pemancar Gunung Cikuray klo kita turun, udah tersedia pickup banyak ko, tapi klo kita mau dijemput sama orang yang sama juga bisa . yang penting sebelumnya janjian aja. minta nomornya n bilang suruh jemput lagi pas pulang.