Kebiasaan Baik Memang Perlu Dipaksa dan Dilatih


Begitu salah satu kalimat yang tertulis di buku kang Dewa Eka Prayoga, beliau adalah seorang business coach yang pernah terpuruk dan bangkrut. Parahnya lagi harus bertanggungjawab atas investasi orang banyak yang jumlahnya sampai miliyaran rupiah (padahal bukan 100% tanggung jawab beliau). Siapa yang tidak galau dengan keadaan seperti itu, bisa dikatakan bukan saja habis tapi juga menyisakan hutang yang tidak sedikit.

Kemudian langkah apa yang membuat beliau bangkit dan survive sampai dengan saat ini, bahkan membalikan keadaan menjadi berpenghasilan puluhan, ratusan juta sampai miliyaran rupiah?

Di suatu waktu salah satu rekannya memberikan saran kepada Kang Dewa untuk menulis, ya menulis sebuah buku tentang bisnis. Bagaimana mungkin seorang yang sedang bangkrut dalam bisnisnya membuat tulisan tentang bisnis, sesuatu yang sangat mustahil sepertinya untuk dilakukan.

Namun Kang Dewa melaksanakan saran dari rekannya dan buku yang beliau tulis tersebut berjudul "7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula". Mungkin buku ini berkaca dari kegagalan bisnis yang beliau alami sendiri. Mulai dari sinilah beliau mulai bangkit kembali, mendapatkan panggilan-panggilan untuk mengisi training bisnis sampai kita lihat dan saksikan pada saat sekarang ini.

(Cerita saya dapatkan di Sekolah Bisnis Dua Kodi Kartika - SBDKK : https://goo.gl/WWFWGF )

- Dari kisah diatas kita bisa mengambil pelajaran, bagaimana seseorang mengelola keterpurukan dan masalah menjadi sebuah peluang. Semakin besar masalah semakin besar peluang yang seharusnya dimanfaatkan. Bila anda ingin melihat peluang usaha disekitar rumah anda, lihatlah masalah terbesar apa yang ada di sekitar rumah anda.

- Lihat juga bagaimana kekuatan menulis bisa mengkonversi sebuah masalah menjadi sebuah peluang yang menghasilkan.

- Melanjuti potongan kalimat pada judul tulisan ini. Saya hanya ingin melengkapi, kalau "Kebiasaan Baik Perlu Dilatih Terus Menerus" begitupun dengan menulis. Efek dari latihan begitu berdampak luar biasa, semakin banyak kita latihan menulis semakin ter-asah kemampuan menulis kita. Kalian tahu "Lionel Messi" pemain bola terbaik dunia? Kenapa dia hebat dalam bermain bola, bahkan lebih hebat dari pelatihnya sendiri. Padahal kalau dari segi teori mungkin pelatihnya lebih tau bagaimana cara bermain bola yang baik. Jawabnya adalah karena yang lebih banyak berlatih adalah Messi, pelatih hanya membimbingnya dalam latihan.

Begitulah yang dilakukan oleh santri-santri www.pondokimers.com, mereka diberikan tugas untuk menulis artikel minimal 1.000 kata /hari hal ini dimaksudkan agar mereka terlatih menulis dengan baik.

Dan saya pribadi menargetkan untuk diri saya sendiri 10 artikel perhari dan hal ini harus dipaksakan, karena :

"Kebiasaan Baik Memang Perlu Dipaksa"
Rian Sahrudin
comments
0 Komentar untuk "Kebiasaan Baik Memang Perlu Dipaksa dan Dilatih"

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, silahkan berikan komentar. Jangan menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus jika ada komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan

Back To Top