Perlengkapan Mendaki Gunung Pria / Wanita Pemula


Punya rencana untuk melakukan pendakian di 2018 ini? terus Adakah perbedaan Perlengkapan mendaki Laki-laki dan Perlengkapan mendaki wanita?. Ada baiknya kita memperhatikan Perlengkapan mendaki gunung yang akan kita bawa dan persiapkan. Apalagi untuk pendaki pemula, Bagi yang sudah berpengalaman mungkin tidak begitu bermasalah, tapi untuk pendaki gunung pemula peralatan dan perlengkapan harus benar-benar dipelajari dan diperhatikan. Agar bisa mendukung lancarnya pendakian yang akan kita laksanakan dan terhindarnya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Perlengkapan untuk mendaki ini bisa kita pisahkan menjadi 2 bagian yaitu perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok. Bisa juga kita pisahkan berdasarkan jenis kelamin, perlengkapan gunung laki-laki dan perlengkapan gunung wanita, pada prinsipnya sama saja tapi mungkin ada alat tambahan yang spesifik yang hanya dibutuhkan oleh wanita (seperti pembalut, dll). Persiapan ini harus benar-benar kita siapkan secara matang, karena perjalanan pendakian itu hakikatnya adalah latihan survival bukan untuk rekreasi, senang-senang atau selfi belaka (hee).

Baca Juga : pendakian Mt.Cikuray 2820 MDPL (Tertinggi Se-Garut) 18 Januari 2018

Bagi teman-teman yang ingin melakukan Hiking atau Pendakian gunung harus memiliki alat-alat yang memadai, baik alat untuk keperluan pribadi maupun alat untuk keperluan kelompok. Karena bila alat-alat ini tidak dibawa atau kurang terpenuhi, dikhawatirkan perjalanan petualangan kita keatas gunung akan terganggu dan yang lebih mengerihkan lagi bisa terjadi sesuatu yang fatal berkaitan dengan keselamatan jiwa kita.

Banyak kejadian yang memilukan hati kita, bahkan hilangnya nyawa seseorang karena disebabkan perbekalan alat yang kurang atau tidak memadai dalam mendaki gunung.Perlu diingat juga Peralatan atau perlengkapan yang kita bawa jangan terlalu banyak juga dan tidak membawa barang-barang yang kurang terpakai, mengingat perjalanan pendakian gunung merupakan perjalanan yang memakan waktu dan tenaga yang ekstra, sehingga barang-barang yang tidak begitu penting akan sangat membebani perjalanan pendakian kita.

Mengapa perlengkapan ini harus dipikirkan sedari awal? Jawabanya adalah tentu saja untuk menghitung estimasi biaya yang akan dikeluarkan dalam melakukan pendakian. Sehingga ketika dalam pelaksanaan tidak nombok lagi untuk memenuhi kekurangannya. 

Adapun peralatan pendakian gunung saya bagi menjadi 2 jenis, yang pertama peralatan kelompok dan yang kedua peralatan pribadi, saya tambahkan juga beberpa kebutuhan logistik yang diperlukan.

Perlengkapan/peralatan kelompok:
1. Tenda
2. Caril
3. Sepirtus
4. Parapin (bisa membawa kompor)
5. Mie Instan
6. Kopi Hitam/putih
7 Roti Tawar
8. Cemilan
9. Minyak Kayu putih
10. Freshcare
11. Tolak angin
12. Betadine/kasa/perban
13. Bodrek
14. Promag
15. Koyo
16. Garem Kasar
17. Beras
18. Rantang (utk masak)
19. Gula merah/coklat
20. Tambang

Perlengkapan pribadi (saran) :
1. Tas pribadi
2. Sepatu/Sendal Gunung
3. Jaket waterproof
4.  Jas Hujan
5. Sarung/selimut
6. Kamera
7. SB (Sleeping Bad)
8. kaos kaki
9. Sarung tangan
10. Pembalut (wanita)
11. Senter

Demikian peralatan untuk naik gunung terupdate di tahun 2018 ini (hee),sebenarnya kondisional saja, bisa dikurangi atau ditambahkan oleh teman-teman, sesuai dengan kebutuhannya.

Tag : pendaki
comments
1 Komentar untuk "Perlengkapan Mendaki Gunung Pria / Wanita Pemula"

thank nice infonya, silahkan kunjungi web kami http://bit.ly/2NkavPz

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan